Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Teh Sehat ”Teh Kelor Moringa Kingdom” dari Daun Kelor Asli

Kamis, 4 Maret 2021 tim dari Seksi Farmasi, Makanan Minuman dan Alkes, Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB berkunjung ke CV. Tri Utami Jaya di Sweta Mataram dalam rangka kegiatan Monitoring dan Evaluasi Usaha Kecil Obat Tradisional (UKOT) guna pengendalian dan pengawasan serta tindak lanjut penerbitan izin UKOT.

Dalam kesempatan kunjungan kali ini, tim diajak berkeliling pabrik produksi teh kelor atau dikenal dengan nama “Moringa Kidom”. Kelor yang dikenal tanaman yang sangat digemari oleh masyarakat untuk dijadikan sayur. Di tangan Pak Nasrin, kelor disulap menjadi tanaman yang tidak sekedar dijadikan sayur, namun menjadi produk teh kelor yang menyegarkan dan menyehatkan.

Berkeliling di tempat produksi Teh Kelor, Pak Nasrin menjelaskan tahap demi tahap dalam pengolahan produk tehnya. Dari pemilihan simplisia daun kelor yang didatangkan langsung dari daerah Kilo, Dompu dengan luas lahan sekitar 100 hektar, dilanjutkan proses produksi dari penyimpanan bahan baku hingga menjadi produk teh kelor yang siap disajikan selagi hangat disaat hujan turun. Kegiatan Monev ke UKOT ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai langkah melakukan pembinaan dari proses perijinan hingga menghasilkan produk yang aman,sehat dan legalitasnya diakui sesuai dengan CPOTB. Hal ini dilakukan agar para pelaku UMKM seperti CV.Tri Utami Jaya atau lainnya yang berada di Provinsi NTB bisa eksis dan usaha mereka semakin maju

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.