Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Tim Bappenas, OGP dan OGP Local Beri Apresiasi Saat Kunjungan di Desa Sermong, KSB

Sumbawa Barat. Selasa (30/3) – Tim Bappenas OGP (Open Government  Partnership) dan OGP Local melakukan kunjungan di Desa Sermong, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Rombongan disambut hangat oleh Bupati Sumbawa Barat didampingi Kepala DPMPD DUKCAPIL Provinsi NTB. Turut mendampingi Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi NTB, Pejabat Bappeda Provinsi NTB dan Pejabat yang mewakili Kadinkes Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Bupati KSB menyampaikan syukur dan terima kasihnya atas Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) selama ini telah diberikan apresiasi oleh Kementrian Bappenas dan pihak OGP.

Ada tiga hal pokok kegiatan PDPGR yang dapat disinergikan dengan program-program unggulan di Provinsi NTB, yakni pertama adalah Revitalisasi Posyandu. Dalam hal ini PDPGR menjadi pusat kegiatan masyarakat, dimana saat ini dari 193 PDPGR yang ada telah bersinergi dengan 225 Posyandu di wilayah KSB.

Kedua, sebelum ada PDPGR, bantuan-bantuan pemerintah, seperti raskin banyak yang tidak tepat sasaran, namun semua menjadi lebih tertib setelah ada PDPGR. Demikian halnya dengan bantuan bedah rumah, stimulus jamban, program kesehatan lainnya. Atas prestasi tersebut, KSB digadang-gadang akan menjadi kabupaten pertama di NTB yang bebas ODF.

Ketiga, untuk masyarakat yang memiliki keluhan yang hendak disampaikan kepada pemerintah maupun pejabat setempat, selain melalui NTB Care, masyarakat juga dapat menyampaikan permasalahan ataupun keluhannya langsung melalui forum acara yasinan yang rutin digelar Bupati setiap malam Jumat.

Selanjutnya dalam kesempatan itu pula, Ketua Tim Bappenas dan OGP Direktur Aparatur Negara Bappenas dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi terhadap KSB yang telah berhasil melaksanakan program daerah ini dengan baik, sehingga tidak heran terpilih sebagai satu dari 56 daerah skala dunia yang memiliki inovasi dalam hal pemberdayaan masyarakat dan keterbukaan informasi publik. Rangkaian kegiatan pada hari itu, rombongan dapat melihat langsung hasil kegiatan PDPGR, seperti jamban, bertemu kelompok masyarakat penerima manfaat, bertemu para Agen Peliuk, mengunjungi Poskesdes dan melihat Ambulance Desa yang dibeli dari  Dana Desa, Posyandu Keluarga, kelompok-kelompok UMKM masyarakat, serta BUMDES.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.