Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Tim Entomolog Dinas Kesehatan Provinsi NTB Survei Vektor di Wilayah Terdampak Banjir Kabupaten Lombok Barat

Banjir bandang yang menerjang beberapa lokasi di Kabupaten Lombok Barat menyisakan begitu banyak dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya.  Banyak rumah-rumah warga terendam sehinngga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang harus diantisipasi.

Salah satu resiko dampak banjir yang perlu diperhatikan adalah timbulnya tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD maupun malaria terutama di area outdoor yang sulit atau tidak terjangkau seperti barang bekas botol-botol, ember bekas, tempat lainnya akan terisi oleh air hujan. Sampah-sampah ini menjadi tempat potensial perkembangbiakkan nyamuk penular DBD.

Untuk itu Tim Entomolog Dinas Kesehatan Provinsi NTB bersama Dinas Kesehatan Lombok Barat dan Puskesmas Meninting melakukan survei vektor  wilayah terdampak banjir di Kabupaten  Lombok Barat.  Survei Vektor bertujuan untuk melihat potensi perkembang biakan nyamuk dari dampak banjir yang terjadi untuk dapat dilakukan antisipasi dini pencegahan.

Selain itu, tim juga membagikan Kelambu Antinyamuk, Bubuk Abate dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat sebagai langkah awal pencegahan potensi DBD dan malaria.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.