Tim Survailans Dinkes NTB Lakukan Investigasi Kasus Keracunan di Lombok Barat  dan KIPI di Lombok Tengah

Tim Survailans Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan investigasi penyebab keracunan yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat dan kasus KIPI di Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (17/1/2024).

Kasus keracunan yang dialami oleh santri di salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Lombok Barat diduga akibat mengkonsumsi tongkol yang diolah pagi dan dikonsumsinya saat makan malam.

Korban keracunan sebanyak delapan santri dari 50 santri yang ada dengan gejala mual, muntah, gatal-gatal dan pusing. Kondisi korban saat ini sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke pondok.

Tim Surveilans telah melakukan pengambilan sampel (tongkol) dan dikirim ke BPOM (16 Januari 2024) pukul 16.00 WITA serta melakukan koordinasi dengan Tim PL untuk respons lingkungan, sanitasi dan pengolahan makanan di pondok tesebut.

Salah satu jenis keracunan yang sering terjadi akibat ikan tongkol adalah keracunan histamin (scombroid fish poisoning) karena ikan jenis ini mengandung asam amino histidin yang dikontaminasi oleh bakteri dengan mengeluarkan enzim histidin dekarboksilase sehingga menghasilkan histamin.

Selain itu, Tim Surveilans juga melaksanakan investigasi kasus KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang diduga terjadi di salah satu Wilayah Puskesmas di Kabupaten Lombok Tengah dengan gejala alergi dan bentol-bentol.

#NTBMajuMelaju #PemprovNTB #InvestigasiKeracunan #Investigasi KIPI #TimSurvailans #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #HumasSehat #SahabatSehat