Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Tingkatkan Kapasitas Tenaga Kesehatan Guna Percepat Perbaikan Gizi Masyarakat

Dalam upaya meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan  guna mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Seksi Promkes dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dan Kader Posyandu di masing-masing kabupaten.

Kegiatan Monitoring kali ini dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah, Selasa, 24 Mei 2022, setelah sebelumnya di laksanakan di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara.

Sama halnya dengan kabupaten lainnya, kegiatan diawali dengan  berkoordinasi dan berdialog dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah yang diwakili oleh Sub Koordinator Promkes dan Kepala Seksi Gizi. Koordinasi ini dilakukan untuk menjelaskan maksud, tujuan, dan mekanisme dari kegiatan ini. Selain itu, dalam dialog ini juga dipaparkan berbagai tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan posyandu keluarga serta permasalahan terkait pencatatan dan pelaporan.

Setelah melakukan koordinasi, tim monev Dinas Kesehatan Provinsi NTB melanjutkan evaluasi dan supervisi di Posyandu Keluarga Maju Bersama, Dusun Punik, Desa Barabali, Kecamatan Mantang. Isu yang menjadi perhatian bersama adalah manajemen posyandu keluarga dari langkah 1 hingga langkah 5. Beberapa masalah yang ditemukan adalah form registrasi yang tidak memiliki format standar, pengukuran antropometri yang masih belum sesuai dengan SOP, tidak ada dokumentasi recall ASI eksklusif, pengisian KMS yang tidak sesuai SOP, serta perlunya pelatihan refreshing untuk peningkatan kemampuan kader terutama terkait pencatatan dan pelaporan. Temuan-temuan ini kemudian dibahas bersama-sama pada langkah 5 bersama dengan kader, tim puskesmas, dan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah.

Rangkaian  kegiatan ini kemudian dilanjutkan di Puskesmas Mantang untuk mendiskusikan terkait temuan-temuan dan rencana tindak lanjut yang dituangkan dalam bentuk dokumen hasil monitoring evaluasi.  Kegiatan ini ditutup pada pukul 17.00 WITA dengan penandatanganan dokumen hasil monev serta rencana tindak lanjut yang diwakili oleh Kasi Gizi dan Promkes Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kasi Gizi Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Sub Koordinator Promkes Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Pemegang Program Gizi Puskesmas Mantang, dan Pemegang Program Promkes Puskesmas Mantang.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.