Tingkatkan Kualitas EVM Tim Provinsi dan Pusat Lakukan Pendampingan di Kabupaten dan Puskesmas

Dalam pelayanan imunisasi, rantai vaksin merupakan elemen penentu karena merupakan unsur yang kritis dalam sistem imunisasi karena ditempat inilah vaksin diterima, disimpan dan distribusi dalam jumlah yang besar, apabila gagal dalam peralatan dan pengelolaan vaksin dapat rusak dalam beberapa jam. Kualitas vaksin harus dijaga sehingga pendistribusian ke Kabupaten/Kota dan puskesmas tetap aman dan tidak rusak.

EVM (Effective Vaccine Management) merupakan salah satu perangkat penilaian kualitas rantai suplai vaksin/pengelolaan manajeman vaksin.

Mempertahankan standar kinerja yang tinggi dalam bidang ini hanya dapat dicapai bila semua rantai dalam mata rantai suplai vaksin bisa dimonitor secara efektif, dijangkau dan ditingkatkan berdasarkan praktek penyimpanan dan distribusi yang benar dan mutakhir

Untuk meningkatkan kualitas EVM maka Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Tim dari pusat direktorat pengelolaan imunisasi melakukan pendampingan EVM baik di provinsi, kabupaten/kota dan puskesmas.

Kegiatan dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah dan di Puskesmas Mantang mulai tanggal 4 s/d 6 Oktober 2022.