Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Tingkatkan Kualitas Tim Gerak Cepat Puskesmas, Dinkes NTB Adakan Pelatihan Penggulangan KLB dan Wabah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.MARS, membuka kegiatan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah Untuk Tim Gerak Cepat Puskesmas secara daring pada hari  Rabu (7/9/2022).

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk menyediakan tenaga kesehatan yang sudah berpengalaman dan mempunyai kompetensi yang cukup dalam menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Wabah yang menjadi masalah kesehatan masyarakat yang dapat menyebabkan jatuhnya korban kesakitan dan kematian yang banyak.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Seksi PSDMK, Bidang SDK, Dinas Kesehatan Provinsi NTB tersebut dilaksanakan sebanyak 7 angkatan secara blended learning (perpaduan pembelajaran secara daring dan luring).  Angkatan 1 dimulai  sejak tanggal 7-9 September 2022 secara daring, dan dilanjutkan secara luring atau klasikal mulai tanggal 12-14 September 2022  bertempat di Hotel Lombok Garden Mataram.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang peserta/angkatan dari Kabupaten/Kota se-NTB yang terdiri dari : 1 orang dokter, 1 (satu) orang surveilans epidemiologi, dan atau 1 (satu) orang pranata laboratorium / penyuluh kesehatan / sanitarian.

Adapun fasilitator dalam pelatihan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Widyaiswara Bapelkes Mataram Kemenkes RI, RSUD Provinsi NTB dan RSUD Kabupaten Lombok Utara.

Dengan diselenggarakanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan puskesmas khususnya Tim Gerak Cepat (TGC) Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam upaya melakukan respon pencegahan dan penanggulangan KLB di wilayah kerjanya.