TRAINING OF TRAINER (TOT) POSYANDU KELUARGA TINGKAT PROVINSI TAHUN 2019

Posyandu merupakan salah satu UKBM tertua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1984, Posyandu merupakan salah satu unit terdepan dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Melalui posyandu, pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita dipantau setiap bulan sehingga kesehatannya bisa terpelihara dengan baik dan melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.

Salah satu masalah klasik yang dihadapi oleh posyandu adalah rendahnya cakupan posyandu baik itu partisipasi masyarakat (D/S) maupun cakupan lainnnya, sarana posyandu yang terbatas dan tidak standar serta kemampuan kader posyandu yang masih lemah terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sesuai permasalahannya.

Menyadari betapa strategisnya peran posyandu, Pemerintah Provinsi NTB meningkatkan fungsi dan peran posyandu dengan mengintegrasikan posbindu, posyandu lansia dan pos remaja dalam satu layanan dengan posyandu, yang dikemas dengan program bernama Posyandu Keluarga. Diharapkan seluruh anggota keluarga datang ke posyandu keluarga mendapatkan pelayanan sesuai dengan kelompok umurnya. Dengan demikian tercipta ketahanan keluarga yang bermula dari posyandu keluarga. Program ini dicanangkan pada awal tahun 2019 oleh Pasangan Bapak Gubernur H. Zulkiflimansyah dan Wakil Gubernur Umi Hj. Siti Rohmi Zalilah. Sebagai program baru, maka penting sekali mensosialisasikan dan meningkatkan kapasitas pelaksanana program di kabupaten/kota, puskesmas dan kader tentang posyandu keluarga ini. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan Pelatihan untuk Pelatih di Kabupaten/Kota tentang Posyandu Keluarga.

Pelaksanaan TOT Posyandu Keluarga Tahun 2019, dilaksanakan selama 4 hari efektif dari hari Senin, 4 November 2019 sampai dengan hari Jumat, 8 November 2019. Beban materi TOT Posyandu Keluarga 48 JP yang terdistribusi dalam 20 JP teori (42%) dan 28 JP praktik (58%). Pelatihan diikuti oleh 55 orang peserta dari lintas sektor di Kabupaten/Kota masing-masing, antara lain: Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa Kabupaten/Kota dan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota. Fasilitator dan narasumber, berasal dari: a) Dinas Kesehatan Provinsi NTB, b) Dinas PMD, Kependudukan dan Statistik Provinsi NTB, c) Widyaiswara Bapelkes Provinsi NTB dan d) TP-PKK Provinsi NTB. dan Penyelenggara dari Dikes Provinsi NTB.

Note : Detail Kegiatan TOT Posyandu Keluarga Tingkat Provinsi Tahun 2019 Download

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook