Umi Rohmi : Jadilah Pioner Zero Waste

Mataram, 6 Oktober 2019. Wakil Gubernur Provinsi NTB Umi Rohmi (sapaan akrabnya) mengajak masyarakat menjadi pioner Zero Waste pada acara Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah yang di selenggarakan di Monumen Bumi Gora Jl. Udayana Mataram (06/10/2019). Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September 2019.

Melalui Program Zero Waste Umi Rohmi kembali mengingatkan pentingnya mengolah sampah yang di mulai dari diri sendiri, rumah dan lingkungan sekitar dengan memilah antara sampah organik dan non organik.

Pemilihan sampah rumah tangga dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan sampah yang di mulai dari lingkungan rumah. Sampah-sampah yang telah dipilah memiliki nilai ekonomi apabila diolah dengan bijak. sebagai contoh plastik dapat di daur ulang menjadi barang-barang kerajinan atau sampah organik dapat diolah menjadi pupuk yang kesemuanya itu dapat dijual. Tegasnya.

Menurut Umi Rohmi menjaga kesehatan lingkungan bukanlah perkara yang mudah, dan semua itu tidak hanya menjadi tugas pemerintah, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut bergerak, mulai dari diri sendiri dan saat ini juga. Keindahan NTB mata dunia tidak ada artinya apabila di penuhi dengan sampah. Ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Umi Rohmi bersama – sama dengan pejabat daerah setempat, Perwakilan Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rossa Vivien Ratnawati dan masyarakat yang mengikuti car free day, turut serta membersihkan sampah-sampah (clean up) di sepanjang jalan udayana. hal tersebut ditujukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan lingkungan

Wagub NTB dan
Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang Jl. Udayana

Dengan tema ” Pilah Sampah dari Rumah” serta Program Zero Waste Pemerintah Provinsi NTB mengajak kita semua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dari data yang di sampaikan oleh
Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rossa Vivien Ratnawati, bahwa warga Indonesia saat ini memproduksi sampah 0.7 Kg perharinya itu berarti 65,8 Ton pertahunnya. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih 200 juta jiwa. tentunya kondisi ini sangat menghawatirkan.

Oleh karena itu mari kita bersama tingkatkan kesadaran kita tentang pentingnya menjaga lingkungan. Perlakukan sampah dengan bijak mulai dari diri sendiri dan saat ini juga. (ahd)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook