Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Upaya Peningkatan Mutu Data dan Pelayanan Gizi di Kabupaten Lombok Utara

Dalam upaya meningkatkan mutu data dan pelayanan gizi masyarakat, maka Seksi Promkes dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dan Kader Posyandu Amber-amber Desa Andalan Puskesmas Bayan Kabupaten Lombok Utara, Senin, 23 Mei 2022

Kegiatan Monev ini sebagai rangkaian lanjut dari monev yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur sebelumnya guna peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dalam Upaya Percepatan Perbaikan Gizi Masyarakat.

Setelah melakukan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, Tim Monev melanjutkan evaluasi sekaligus bimbingan teknis ke petugas Posyandu Keluarga (Nakes dan Kader) di Posyandu Amber-Amber Desa Andalan Kecamatan Bayan.

Pada kegiatan ini yang dievaluasi adalah Managemen Pelayanan Posyandu Keluarga mulai dari langkah 1 sampai dengan langkah 5 menjadi perhatian bimtek tim Monev.  selanjutnya Tim Dinas Kesehatan Provinsi NTB juga langsung melakukan OJT terutama pada proses penimbangan dan pengukuran status gizi pada sasaran. Demikian pula terhadap managemen Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Posyandu keluarga pada setiap langkah.

Kegiatan monev ini juga menitikberatkan pentingnya langkah 5 (Validasi Data) pelayanan Posyandu Keluarga. Pada kesempatan ini, dilakukan simulasi dan diskusi terfokus bagaimana melakukan validasi data dan menentukan masalah prioritas yang ditemukan pada posyandu hari itu dan memastikan pihak-pihak  mana saja yang memiliki kewenangan untuk menjadikan data pelayanan posyandu sebagai acuan untuk perbaikan cakupan dan mutu pelayanan berikutnya.

Diskusi di langkah 5 ini, cukup menarik karena selain dihadiri oleh Tim Monev Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa Andalan. Pada Kempatan ini Kepala Desa menjanjikan akan memenuhi kekurangan alat antropometri di 5 posyandu yang ada di wilayahnya pada tahun 2023.

Tim Monev Dinkes Provinsi NTB yang dikomandani oleh Kepala Seksi Gizi dan Promkes nsi NTB M. Johansyah, S.Gz.,M.Gz ini berlanjut ke Puskesmas Bayan dan diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Bayan bapak Subardi,S.Kep.

Di Puskemas Bayan, Tim memberikan bimbingan Teknis ke Programer Gizi dan Promkes tentang teknis pengukuran status gizi, mekanisme Catpor gizi dan Promkes, Juknis Posyandu keluarga, peran besar desa siaga dan Posyandu keluarga dalam membantu menyelesaikan permasalah Kesehatan di tingkat Dusun dan Desa sampai pada pengelolaan logistik program gizi promkes.

Monev yang berakhir jam 17.00 WITA ini ditutup dengan kesepakatan hasil monev di Kabupaten Lombok Utara dengan penandatangan Dokumen kesepakatan hasil monev oleh Ketua Tim Monev Provinsi NTB (Bapak M. Johansyah), Tim Monev Kabupaten Lombok Utara (Kasie Promkes KLU ibu Hera) dan Kepala Puskesmas Bayan (Bapak Subardi, S.Kep.).

Ayoo kita Bergerak Bersama Melawan Stunting dan Masalah Kesehatan lainnya, mulai dari Posyandu Keluarga yang Berkualitas menuju NTB Gemilang.

Penulis: Andang Sari, S.Si., Apt., M.Farm.Klin

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.