Upaya Tingkatkan Akreditasi Klinik, Dinkes Selenggarakan Lokakarya Persiapan Akreditasi dan Peningkatan Mutu Klinik NTB

Salah satu tantangan pembangunan kesehatan saat ini adalah pelayanan kesehatan yang bermutu, terutama pada pelayanan kesehatan tingkat primer yang tidak lepas dari peran klinik, sebagai salah satu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Demi meningkatkan akreditasi dan mutu klinik di NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB melalui Bidang Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan Lokakarya Persiapan Akreditasi dan Peningkatan Mutu Klinik pada Rabu (26/6/2024) di Hotel Lombok Plaza, Mataram.

Lokakarya yang akan diselenggarakan hingga 28 Juni ini menghadirkan Narasumber dari Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Pakar dan internal Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lokakarya yang akan diselenggarakan hingga 28 Juni ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Edi Ramlan, SKM., MPH didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan,  Nina Yulaida, SKM, M.Kes dan Kepala Seksi Akreditas dan Jaminan Kesehatan, Galuh Ummil Mukminin, S.Si, Apt, MPH dengan menghadirkan Narasumber dari Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Pakar dan internal Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dari hasil pemetaan status kelulusan akreditasi klinik pada 30 Mei 2024, dari 231 klinik di NTB, terdapat 79 (34,2%) klinik yang telah terakreditasi. Untuk distribusi tingkat kelulusan didominasi paripurna 54 (68,35%), utama 15(20%) dan madya 6 (8%). Berdasarkan capaian akreditasi klinik tersebut, dapat dilihat bahwa tingkat kelulusan paripurna untuk klinik sudah baik tetapi presentasi klinik yang sudah terakreditasi masih sangat kecil.

Pelaksanaan Lokakarya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam terkait konsep Pembinaan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien di klinik, standar akreditasi klinik, pelaporan Indikator Nasional Mutu (INM) dan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) di klinik, dan Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

#LokakaryaAkreditasi #NTBSehatdanCerdas #PemprovNTB #DinasKesehatan #DinKesProvNTB #DinkesNTB #Yankes #SahabatSehat #HumasSehat #SalamSehat