UTDRS Upaya Turunkan AKI Akibat Perdarahan

Pada Rabu (24/2), Tim Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan BLK PK Provinsi NTB melakukan visitasi pada Bank Darah RSUD dr. R. Soedjono Selong, guna menindaklanjuti permohonan peningkatan status dari Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) menjadi Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUD dr. R. Soedjono Selong.

Tindakan ini sebagai bentuk dukungan Dinkes NTB terhadap pelayanan kebutuhan darah oleh masyarakat yang sedang mengalami masalah medis di RS. Jadi melalui visitasi tersebut, tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan serta mempercepat penyembuhan dan pemulihan kesehatan pasien di RSUD dr. R. Soedjono Selong bisa ditingkatkan.

Hal ini menjadi niat baik pihak pemerintah setempat maupun RSUD dr. R. Soedjono Selong mengingat jumlah penduduk di kabupaten tersebut sebesar 1.293.581 jiwa dan 25% dari Angka Kematian Ibu (AKI) di Lombok Timur disebabkan oleh perdarahan. Dengan adanya UTDRS akan memudahkan pasien memperoleh darah di RSUD dr. R. Soedjono Selong, dan sekitarnya, karena risiko waktu tunggu pemenuhan darah yang dibutuhkan pasien bisa ditekan menjadi lebih cepat.

Melalui upaya ini pula diharapkan nantinya UTDRS Selong dapat menunjang peran UTD PMI Lombok Timur dalam Program Pelayanan Darah di Kabupaten Lombok Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *