Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Vaksinasi Massal Pelaku Wisata Sembalun Langkah Awal Green Zone di NTB

Bubble destination adalah kebijakan yang diambil oleh pengelola destinasi dalam menetapkan suatu daerah green zone (zona hijau) menjadi daerah wisata yang aman di kunjungi. Di dalam bubble destination ini ditetapkan batasan maksimal dari wisatawan yang berkunjung. Mereka bisa tinggal dengan dibarengi pelaksanaan protokol kesehatana (prokes) yang ketat. Kita harapkan nantinya, wisatawan yang ada di dalam bubble ini, merasa aman dan nyaman selama berwisata

Dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan pengembangan Green-Zone destinasi pariwisata Lombok Sumbawa menuju Bubble Destination, Dinas kesehatan provinisi NTB dan Kabupaten Lombok Timur menggelar vaksinasi massal untuk para pelaku wisata di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 Juni 2021 dengan sasaran vaksinasi lebih dari 200 orang pelaku wisata dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Karo Ops Polda NTB, Dir Pam Obvit Polda NTB, Kabiddokes Polda NTB. Kadis Kesehatan Kab. Lotim. Kapolres Lotim, Camat Sembalun, Danramil 10 Sembalun dan Kapolsek Sembalun serta para pelaku wisata yang akan di vaksin.
Kegiatan vaksinasi ini merupakan langkah awal terhadap kegiatan Green Zone di empat destinasi wisata NTB yaitu Sembalun, Gili, Mandalika dan Samota di Sumbawa.

Selain kegiatan vaksinasi pelaku wisata, dinas kesehatan juga memberikan masker gratis, sekaligus menghimbau kepada seluruh masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan dalam penanganan dan pencegahan covid-19, serta memberikan arahan untuk selalu menggunakan masker, tetap menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun diair yang mengalir, selalu menjaga jarak 1,5 m dan hindari berkerumun dalam jumlah banyak untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.yang sedang merebak saat ini.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan dr. H.L. Hamzi Fikri, MM, MARS mengungkapkan bahwa Green Zone ini diawali di Sembalun dengan konsep satu daerah itu tetap hijau bila dilakukan vaksinasi minimal 70 %. Jika suatu daerah ditetapkan sebagai green zone tentunya keberlanjutanya dari sisi screening, kemudian selain vaksinasi, menjalankan protokol kesehatan itu sangat penting.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Provinsi NTB ikut mendorong program Green Zone dengan memberi rasa aman dari aspek kesehatan dan tentunya aspek ekonomi kepada para pengunjung yang masuk ke Sembalun.

Editor : Reny Yuli Aspiani

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.