Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Vicion Center Dekatkan dan Permudah Akses Layanan Kesehatan Mata Masyarakat

Tim P2PTM Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengunjungi Vision Center Puskesmas Bagu Kecamatan  Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (26/04/2022).

Keberadaan Vision Center di puskesmas ditujukan untuk mendekatkan akses masyarakat mendapatkan layanan kesehatan mata dan kaca mata.  Fokus pelayanan di Vision Center ini untuk penanganan masyarakat terutama anak-anak usia sekolah yang berkaitan dengan refraksi (kelainan yang membuat mata tidak dapat melihat dengan jelas), dan juga penanganan gangguan mata lainnya seperti katarak.

Vision Center Puskesmas Bagu merupakan salah satu Vision Center yang aktif di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang setiap hari kerja melayani pemeriksaan mata dan kaca mata,  rata-rata setiap hari kunjungan ke vision center sekitar 4-5 orang, dan skrining di Posyandu Keluarga 15-20 orang.  Penyakit mata yang paling banyak ditemukan adalah katarak.

Keberadan Vision Center sangat dirasakan maanfaatnya oleh masyarakat Wilayah Kerja Puskesmas Bagu bahkan Masyarakat diluar wilayah kerja juga bisa dilayani.  Vision Center mendapat kunjungan dokter spesialis mata dari RS Mata Provovinsi NTB setiap 2 kali sebulan.

Namun dalam pelaksanaan nya masih ada kendala dihadapi adalah terbatasnya tenaga ahli dan sarana pendukung operasional Vision Center, untuk menjangkau skrining masyarakat plosok, atau daerah sulit diperlukan layanan Vision Center Mobile, untuk itu mengusulkan adanya Vision Center bergerak yang dapat melayani masyarakat terpencil yg tdk mampu berupa kendaraan roda 4 lengkap dengan sarana alat Vision Center.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.