Visitasi RSUD Bima Terkait Pengajuan Ijin Operasional Laboratorium Pemeriksaan Covid-19

Rabu, 02 Juni 2021.  Dinas Kesehatan Provinsi NTB melakukan peninjauan terkait kesiapan Laboratorium RSUD Bima sebagai laboratorium pemeriksaan COVID-19.

Peninjauan dilakukan oleh Tim Visitasi yang diketuai oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTB dengan anggota yang terdiri dari Ketua PDS Patklin Wilayah NTB, dr. Laily Indrayanti, M.Sc,SpPK, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Pengelola Program Laboratorium di Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Kegiatan ini dilakukan  untuk melihat kesiapan Laboratorium RSUD Bima sebagai laboratorium pemeriksaan COVID-19 dan memastikan laboratorium tersebut sesuai dengan KMK No. HK. 01.07/Menkes/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan COVID-19, baik persyaratan gedung, laboratorium, SDM dan persyaratan praktik biosafety dan biosecurity.

Hasil verifikasi dan visitasi yang dilakukan oleh Tim Provinsi  dapat dinyatakan Laboratorium RSUD Bima telah siap untuk melaksanaan pemeriksaan COVID-19 sehingga dapat diberikan rekomendasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan diusulkan ijin operasionalnya ke Balitbangkes Kemenkes RI.  Dengan keberadaan laboratorium pemeriksaan COVID-19 RSUD Bima ini akan menjawab kebutuhan masyarakat di Pulau Sumbawa terkait pemeriksaan COVID-19 dengan menggunakan alat RT-PCR sehingga penanganan kasus COVID-19 di Pulau Sumbawa dapat lebih optimal.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *