Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Wagub NTB Didampingi Kadikes NTB Tinjau Posyandu di Lombok Utara

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM., MARS mendampingi Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Djalilah, M.Pd meninjau pelaksanaan Posyandu Keluarga Edelweis. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Asisten I Setda NTB, Kepala Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB dan Wakil Bupati Lombok Utara serta TP PKK Kabupaten  Lombok Utara, Kamis. 10 Maret 2022.

Posyandu Keluarga Edelweis yang berada di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara merupakan Posyandu Keluarga dengan Strata Purnama Bintang Dua Gemilang. Hal ini menunjukkan bahwa posyandu ini telah mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan serta memiliki dana mandiri dari swadaya masyarakat.

Salah satu inovasinya adalah terintegrasi dengan Bank Sampah yang dimanfaatkan masyarakat menjadi kerajinan yang memiliki nilai finansial. Semua itu menunjukkan sinergi yang kuat, yang terjalin baik antara Aparatur Desa setempat, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan tentunya masyarakat.

Ini menjadi capaian yang diharapkan oleh Umi Rohmi (Sapaan akrab Wakil Gubernur NTB). Dalam sambutannya Umi Rohmi merasa cukup puas dengan apa yang telah dicapai oleh Posyandu Keluarga Edelweis, kendati masih ada hal-hal yang harus disempurnakan, seperti penggunaan alat timbang digital untuk menggantikan alat timbang manual yang selama ini digunakan.

Menurut Umi Rohmi timbangan manual masih memiliki margin error, dalam uji coba yang dilakukan antara timbangan manual dan timbangan digital terdapat selisih sekitar 0,8 Kilogram. Artinya berat bayi yang ditimbang berkurang sebanyak 0,8 Kilogram jika menggunakan timbangan manual. Tingginya angka Stunting di KLU tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh error saat pengukuran tinggi badan atau panjang badan, jadi bukan sepenuhnya kondisi real di lapangan.

Untuk itu Umi Rohmi menghimbau agar semua posyandu di NTB dapat beralih menggunakan timbangan digital. Pemerintah Provinsi NTB sendiri telah menyalurkan bantuan kepada seluruh Posyandu Keluarga di NTB berupa alat timbang digital yang disalurkan secara bertahap melalui Dinas Kesehatan.

#NTBGemilang
#NTBSehatdanCerdas
#PosyanduKeluarga

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.