Workshop Enumerator Rumah Sakit dan Puskesmas Rifaskes Provinsi Nusa Teggara Barat TA 2019

Worksohop Enumerator Rifaskes (Riset Fasilitas Kesehatan) merupakan tahap awal yang diperlukan oleh Enummerator sebelum melakukan riset. Dalam kegiatan tersebut para Enumerator akan ditempa tentang teori yang terakngkum dalam buku panduan.

Sejak Tahun 2011 Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melaksanakan Riset Fasilitas Kesehatan, dan tahun ini merupakan Riset yang kedua yang di laksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelaksanaan Rifaskes (Riset Fasilitas Kesehatan sendiri mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan, dimana disebutkan bahwa Seluruh penduduk Indonesia  masuk sebagai peserta BPJS minimal paling lambat 1 Januari 2019. Oleh karena itu Pemerintah dan Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab atas ketersediaan fasilitas kesehatan. Sehingga hasil Pelaksanaan Rifaskes (Riset Fasilitas Kesehatan) akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah pusat bagi penguatan pelayanan kesehatan semesta serta perbaikan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Kegiatan Workshop yang difasilitasi oleh Seksi Datin Dinas Kesehatan Provinsi NTB tersebut dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram. 22-28 April 2019. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi Sp.A, MPH. Hadir pula dalam kegiatan tersebut narasumber dari pusat Indah Pawidningtias, SKM, MKM, dr. Yusrelli Usman, M.Si serta Dr. Sri Laningdriah, Sp.PK.Kegiatan Workshop yang difasilitasi oleh Seksi Datin Dinas Kesehatan Provinsi NTB tersebut dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram. 22-28 April 2019. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi Sp.A, MPH. Hadir pula dalam kegiatan tersebut narasumber dari pusat Indah Pawidningtias, SKM, MKM, dr. Yusrelli Usman, M.Si serta Dr. Sri Laningdriah, Sp.PK.Kegiatan Workshop yang difasilitasi oleh Seksi Datin Dinas Kesehatan Provinsi NTB tersebut dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram. 22-28 April 2019. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi Sp.A, MPH. Hadir pula dalam kegiatan tersebut narasumber dari pusat Indah Pawidningtias, SKM, MKM, dr. Yusrelli Usman, M.Si serta Dr. Sri Laningdriah, Sp.PK.

Riset Fasilitas Kesehatan di Provinsi NTB akan menyasar Rumah Sakit dan Puskesmas di 10 Kabupaten di Provinsi NTB, Sebanyak 74 Orang Enumerator yang dipilih melalui seleksi akan melaksanakan risetnya selama 20 hari kedepan dan di damping oleh Kelapa Dinas Kesehatan , PJAL provinsi dan 12 Orang PJO. Selama masa workshop setiap enumerator diberikan pembekalan teori dan teknis pelaksanaan riset selama seminggu penuh hal tersebut dilakukan untuk menjamin pelaksanaan riset dapat berjalan dengan baik.

Workshop yang dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Tersebut berjalan dengan sukses dengan hasil yang memuaskan. Dalam paparannya di sela-sela penutupan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH merasa cukup puas degan pelaksanaan Workshop Rifaskes kali ini. Karena mampu memperoleh nilai terbaik tingkat nasional dalah perolehan hasil Pretest. Tentunya hal tersebut menjadi modal yang baik bagi pelaksanaan Riset dilapangan.

Lanjut dr. Eka berpesan kepada seluruh enumerator yang hadir agar dapat menjaga kesehatan selama menjalanlkan tugas dilapangan sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Penutupan acara Workshop Enumerator Rifaskes Provinsi NTB ditandai dengan penyerahan Kuesioner dan toolkit secara simbolis kepada perwakilan enumerator yang menandai dimulainya kegiatan Riset fasilitas Kesehatan.

Dokumentasi Kegiatan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook