Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB

World Glaucoma Week (Pekan Galukoma Sedunia)

World Glaucoma Week atau Pekan Galukoma Sedunia adalah gerakan yang diinisiasi oleh World Glaucoma Association (WGA) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan isu isu Glaukoma. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu pekan dari tanggal 7-13 Maret setiap tahunnya.

Rumah Sakit Mata Provinsi NTB sebagai salah satu UPTD Dinas Kesehatan Provinsi NTB  dan juga sebagai pusat pelayanan kesehatan mata di NTB turut mmngambil bagian penting dalam kegiatan kampanye kesehatan mata ini.

Seluruh elemen masyarakat baik pasien,  fasilitas pelayanan kesehatan mata,  penentu kebijakan hingga masyarakat umum diajak untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan kampanye ini.

Pekan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebutaan permanen akibat glaukoma, Oleh karenanya perlu dilakukan deteksi dini, dan edukasi kepada masyarakat mengenai Glaukoma dan pencegahannya.

Dalam satu pekan ke depan,  akan ada banyak aktifitas serta kegiatan yang akan dilakukan di Rumah Sakit Mata NTB dalam rangka mendukung kegiatan pelestarian fungsi pengelihatan yang merupakan bagian dari World Glaucoma Week ini.

Setelah online media campaign,  mulai Senin (8/3/2021) hingga Sabtu (13/3/2021) juga akan dilaksanakan kegiatan Screening Glaucoma Untuk Masyarakat Usia > 40 Tahun. Kegiatan akan dilaksanakan di Rumah Sakit Mata NTB. Harapan akhirnya adalah bahwa semua orang diingatkan untuk melakukan pemeriksaan mata (dan saraf optik) secara teratur untuk mendeteksi glaukoma sedini mungkin.

Editor : Reny

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.