Pertemuan Nasional FKD MPU Tahun 2017 (Rapat Teknis Bidang Kesehatan)

Mataram, 19 Oktober 2017. Pembangunan kesehatan adalah bagian dari integral pembangunan nasional yang bertujuan untuk memperbaiki, memelihara dan meningkatkan status kesehatan perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu anggota Forum Kerjasama Daerah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk melaksanakan Rapat Kerja Gurbenur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama ke XVII tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Lombok Raya Mataram sejak tanggal 18 – 21 Oktober 2017 dan dihadiri oleh perwakilan dari 10 Provinsi yang menjadi anggora Forum Kerjasama Daerah, antara Lain :

  1. Provinsi Jawa Barat
  2. DKI Jakarta
  3. Provinsi Jawa Tengah
  4. Provinsi Jawa Timur
  5. DI Yogyakarta
  6. Provinsi Bali
  7. Provinsi Lampung
  8. Provinsi Banten
  9. Provinsi Nusa Tenggara Barat dan
  10. Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kerjasama teknis dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama XVII meliputi :

  1. Bidang Ekonomi dan Keuangan yang meliputi sub bidang Peternakan, Kehutanan, Pertanian, Perkebunan, Perindag, Kelautan dan Perikanan, Kehutanan, Tenaga Kerja, Perekonomian, Investasi dan Penanaman Modal serta Pelayanan Pajak.
  2. Bidang Lingkungan dan Infrastrutur meliputi sub bidang Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perbub, Pertambangan dan Energi Serta Lingkungan Hidup.
  3. Bidang Kesejeahteraan Sosial meliputi sub bagian Kesehatan, Transmigrasi dan Pemberdayaan Perempuan.
  4. Bidang Pemerintahan meliputi sub bidang Kependudukan dan Capil, Tibum, Kominfo, Diklat, Kasbangpol dan Penanggulangan Bencana.

Kerjasama Mitra Praja Utama (MPU) Bidang Kesehatan bertujuan meningkatkan dan membangun kerjasama pelayanan kesehatan masyarakat antar provinsi. yang merujuk pada Hasil Rapat Gabungan (RAGAB) FKD MPU Tanggal 26 s/d 28 April 2017 di Tanggerang. Terdapat 4 kelompok tema issue permasalahan yang dikemukakan, yaitu :

  1. Pemberdayaan UKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonimi ASEAN
  2. Pengembangan industri Pariwisata melalui penguatan peran Indonesia Tourism Center
  3. Pembentukan pusat logistik pangan daerah MPU dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional
  4. Koordinasi dan fasilitasi penanganan masalah sosial berdampak nasional.

Rapat Teknis Bidang Kesehatan yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Di Hotel Lombok Raya Mataram di fokuskan pada Rencana Kegiatan Program 2017 Koordinasi dan Fasilitasi Penanganan Masalah Sosial Berdampak Nasional. Kegiatan tersebut menghasilkan poin-poin kesepakatan yang telah ditandatangani oleh masih-masing perwakilan dari masing-masing provinsi (Terlampir). Pada kesempatan itu pula turut hadir perwakilan dari RSUD Kota Mataram dr. Emirald Isfihan yang memberikan paparan sekilas tentang Program Unggulan RSUD Kota Mataram melalui program Medical Tourism (Wisata Medis). RSUD Kota Mataram merupakan Rumah Sakit pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai penyelenggara pelayanan Medical Tourism (Wisata Medis).  Mengingat potensi NTB yang cukup tinggi dalam bidang pariwisata. Wisata Medis merupakan kolaborasi wisata dan kesehatan yang memiliki prospek pengembangan dengan konsep mutualisme.

Download : Hasil Kepesepakatan Pertemuan Nasional (Rapat Teknis Bidang Kesehatan)

Dokumentasi Kegiatan :

Foto Bersama Wakil Gurbenur NTB Dengan Peserta FKD MPU

Penandatangan MOU Angoota FKD MPU

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Prov NTB

Narasumber RSUD Kota Mataram

Narasumber Dinas Pariwisata

 

Mungkin Anda Menyukai

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook